Online Mall

Batu Ungu

mymall

Batu Amethyst atau yang di Indonesia lebih dikenal dengan nama batu kecubung ungu adalah salah satu jenis batu akik yang sangat digemari dan diburu oleh para kolektor. Meskipun dikenal dengan nama batu akik kecubung ungu, sebenarnya batu ini memiliki beberapa warna lain yang diantaranya warna merah muda dan kebiruan.

Batu Amethyst atau kecubung merupakan jenis batuan jenis mineral berstruktur kristal heksagonal terbuat dari silikon dioksida dengan tingkat kekerasan sampai 7 mohs. Keunikan warna pada batu kecubung ungu ini menimbulkan daya tarik tersendiri dan tidak dimiliki oleh jenis batu mulia lainnya.

Ternyata, Amethyst yang menjadi nama lain dari batu kecubung diambil dari bahasa Yunani Kuno yang memiliki arti tidak beracun. Orang Yunani kuno mempercayai bahwa batu kecubung menjadi ‘jimat’ yang baik untuk membuatnya terhindar dari keracunan atau mabuk berat akibat minuman beralkohol.

Lokasi penambangan batu kecubung ungu yang paling terkenal adalah dari Brazil. Deposit dalam jumlah besar juga ditemukan di Bolivia, Canada, India, Madagascar, Mexico, Myanmar (Burma), Namibia, Russia, Sri Lanka, United States (Arizona), Uruguay dan Zambia.

Batu kecubung tergolong sangat kuat daripada material lainnya, sehingga sangat tahan terhadap kerusakan atau goresan. Batu ini adalah favorit bagi banyak pencinta perhiasan karena segala ukuran dan bentuk tersedia dan mudah untuk didapatkan. Batu kecubung merupakan batu permata berwarna ungu yang paling populer, diikuti oleh tanzanite, spinel, safir dan Iolite.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top